Padang , 29
Maret 2012
UJIAN
TENGGAH SEMESTER ( MID )
“
PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN “
SEMESTER
GENAP (4 )
MATA
KULIAH INI DI BIMBING OLEH BUK SELRLI MARLINA, Sd
OLEH
:
ANITA
16204
/ 2010
PENDIDIKAN
EKONOMI (Adp)
MATA
KULIAH UMUM ( MKU )
FAKULTAS
EKONOMI ( FE )
UNIVERSITAS
NEGERI PADANG ( UNP )
2012
Soal Ujian KWN
1. Jelaskan
kenapa mahasiswa di perguruan tinggi menpelajari pendidikan KWN.
2. Jelaskan
makna dari pancasila sebagai dasar negara dan pancasila sebagai etika sebagai
kehidupan berbangsa dan bernegara .
3. Buktikan
makna dari pancasila sebagai suatu sistem dan sebagai sistem filsafat .
4. Futuyuma
menjelaskan hasil penelitiannya “ indentitas negara berkembang di pengaruhi
oleh indentitas negara majau “ jelaskan makna dari pernyataan tsb.
5. Azaz
kenegaraan lus soli dan lus sanguinis
bisah menjadi apatride dan bipatride
jelaskan pendapat di atas dan contohnya.
Jawaban
1. Karna
fungsi mahasiswa sebagai warga negara dan negara ruang lingkupnya
·
Fungsi mahasiswa sbg warga negara maksudnya
adalah sebagai warga indonesia kita harus mengetahui sejaran negara kita di
dirikan , bagaimana sistem kita di indonesia
·
Negara sebagai ruang lingkupnya karan dia lahir
di ruang lingkup indonesia . jadi dia sebagai mahasiswa dia harus belajar KWN .
untuk mengetahui keadaan atau lingkungan tempat dia di lahirkna dan dibesarkan
.
·
Belajar
pendidikan KWN PT dapat bermamfaat untuk
meningkatkan keyakinan akan ketangguhan pancasila sebagai idiologi bangsa dan
negara indonesia .
2. Pancasila
itu berasal dari 5 sila
1. Ketuhanan yang maha esa ( YME ) disini ada nilai agama
2. Kemanusian
di sini ada nilai sosial dan N.M
3. Persatuan
disini ada nilai sosial , nilai agama dan N.M
4. Kerayatan
disini ada nilai agama , nilai hukum , N.D , M.H
5. Keadilan
disini ada nilai nilaia agama , nilai sosial , nilai hukum , N.D , H.M
Pancasial sebagai etika hidup berbangsa dan bernegara
Normal moral / etika adalah normal yang paling dasar .
normal moral menentukan bagaimana kita menilai seseorang .normal kesusilaan
berhubunggan dengan manusia sebagai individu karena menyangkut makluk pribadi .
Etika kehiduapan berbangsa bernegara ini bertujuan
1. Memberikan
landasan etik moral bagi seluruh komponen bangsa dalam menjalankan kehidupan
berbangsaan dalam berbagai aspek.
2. Menentukan
pokok-pokok etik kehidupan berbangsa , bernegara dan bermasyarakat
3. Menjadi
kerangka acuan dalam mengevaluasi pelaksaan nilai-nilai etika dan moral dalam
kehidupan berbangsa dan bernegara dan masyarakat .
Etika dalam kehidupan berbangsa
1. Etika
sosial dan budaya
2. Etika
pemerintah dan politik
3. Etika
ekonomi dan bisnis
4. Etika
penegakan hukum dan berkeadilan
5. Etika
keilmuan dan disiplin kehidupan
3. Karena
pancasila merupakan suatu kesatuan bagian-bagian yang saling berhubungan , saling
bekerja sama untuk satu tujuan tertentu dan secara keseluruhan merupakan suatu
kesatuan yang utuh.
Pancasila sebagi sistem karena memiliki syarat suatu
sistem .
Sistem:
·
Komponen
·
Kesatuan
·
Saling berhubungan
·
Beraturan
·
Tujuan yang sama
Filsafat
adalah berfikir secara sungguh-sungguh
sampai keakar-akar untuk memahami hakikat dari segala sesuatu.
Bukti pancasial sebagai sistem filsafat karena
mempunyai 3 sistem filsafat
·
Ontologis ( objek kajian )
1. Masyarakat
( manusia )
2. Pemerintah
3. Negara
/ bangsa
·
Epistomologis ( metode )
1. Pengetahuan
2. Tujuan
/ mamfaat
3. Ruang
lingkup
4. Hakikat
·
Aksiologis ( hiraskis , nilai dan mamfaat )
1. Etika
2. Sumber
nilai
3. Penerapan
dan hirarkis nilai
4. 1.
Prinsip dasar kehidupan negara berkembang
·
Kurang
berEtika , sebagai dasar dalam kehidupan sehari-hari
·
Kurang kejujuran dan integritas
·
Kurang bertanggung jawab
·
Tidak hormat pada hak orang lain / warga lain
·
Kurang mencintai terhadap pekerjaan
·
Kurang usaha untuk menabung dan investasi
·
Kurang bekerja keras dan tidak tepat waktu
2. prinsip dasar kehidupan negara maju
·
Etika sebagai dasar dalam kehidupan sehari-hari
bagi negara maju
·
Kejujuran dan integritas
·
Bertanggung jawab
·
Hormat pada orang / warga lain
·
Cinta terhadap pekerjaan
·
Berusaha untuk menabung dan investasi
·
Bekerja keras dan tepat waktu
Tu lah sebab
identitas negara berkembang di pengaruhi oleh identitas negara maju
5. 1.
Asas lus soli adalah asas yang
menentukan kewarganegaran seseorang menurut daerah atau negara tempat dia di
lahirkan
Contoh : ani yang di lahirkan di negara sumatra barat maka
ani akan menjadi warga negara sumatra barat , walaupun orang tuanyan warga
negara kota solok .
2. Asas Sanguinis adalah asasa yang menentukan
kewarganegaraan seseorang menurut pertalian darah atau keturunan dari orng yang
bersangkutan .
Contoh: tha yang di lahirkan di dharmasraya , tetapai
orang tuanya warga negara bukit tinggi , maka tha tetap menjad warga negara
bukit tinggi .
3. Asas Apatride adalah seseorang penduduk yang sama
sekali tidak mempunyai kewarganegaraan contoh: Ded seorang keturunan bangsa
Amerika ( lus soli ) lahir di negara Indonesia ( lus sanguinis ) maka dedi
tidak lah menjadi warga negara Amerika
dan menjadi warga negara Indonesia . dengan demikian dedi memeiliki
kewarganegaraan ( Apatride )
4. Asas Bipatride adalah seorang penduduk yang
mempunyai dua macam kewarganegaraan sekaligus ( kewrganegaraan rangkap ) .
Contoh : Riko keturunan Indonesia ( lus sanguinis )
lahir di negara amerika (ius soli ) . oleh karena ia keturuna bangsa indonesia
maka dia dianggap warga negara indonesia , tetapi warga negara amerika juga
menganggap warga negaranya karena berdasarkan tempat lahir.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar